Senin, 29 Oktober 2012

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ketandan


Profil TK ABA Ketandan

Nama TK                    : Aisyiyah Bustanul Athfal Ketandan
Status TK                    : Swasta
NIS                             : 012040116011
Nilai Akreditasi           : Akreditasi A (tahun 2008)
Alamat TK                  : Jln. Merpati No. 2018 Tempelan,Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Letak/Jarak dari Kota kec. TK  : ± 1600 m
No. Telepon                : 085328082588
Email                           : tkaba_ketandan@yahoo.com
Berdiri Tahun              : 1962
Ijin Pendirian              : Ada  (No. A-1/03/PAC/VII/86
Di Bawah Naungan    : Aisyiyah


VISI TK ABA KETANDAN
TK ABA KETANDAN akan menjadi lembaga TK yang kreatif. Inofatif dan dinamis dalam menghasilkan generasi muda beriman, berakhlakul karimah, cerdas, berdisiplin dan tanggung jawab.

MISI TK ABA KETANDAN
  1. Memberikan pelayanan program pendidikan dengan baik
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran melalui kegiatan bermain yang kreatif, inofatif dan dinamis.
  3. Memberikan pelayanan pendidikan secara gratis bagi anak usia TK dari keluarga pra sejahtera untuk memenuhi hak anak akan tumbuh kembang dan pendidikan.


MOTTO TK ABA KETANDAN
Salam, Senyum, Sapa



Sejarah Berdirinya dan Perkembangan TK ABA KETANDAN

Tahun 1962
Awal mulanya TK ABA Ketandan diberi nama TK 17 Agustus, yang bertempat di rumah bapak Dirdjo Sumarto, Ketandan Banguntaan (Lurah Desa Banguntapan) yang diasuh oleh Ibu Sudariah, Ibu Wahyuni, Ibu Sumartinah, Ibu Sri Widodo, Ibu Supriati. Setelah itu pindah dirumah Djiwanto Sunarti, Pandansari, kemudian pindah lagi di rumah Amat Mudzakir, kembali lagi di rumah Bp. Djiwanto Sunarti, Pandansari.


Tahun 1980
Kegiatan belajar mengajar TK ABA Ketandan pindah di rumah Ibu Amat Mudzakir, Pandansari RT 16 RW 37 KD 1 dengan pengasuh Ibu Sri Hartinah.


Tahun 1982
Kegiatan belajar mengajar TK ABA Ketandan pindah di SD Muhammadiyah Banguntapan, diberikan pinjaman tempat satu lokal. Kemudian pindah lagi dirrumah Bp. Mangun Diharjo sampai memilikigedung sendiri. Yang diasuh oleh ibu Wardiyah, Ibu Indri, Ibu Bariyah, Ibu Kamti, dan Ibu Isti Nur Indah.


Tahun 1985
Kegiatan belajar mengajar TK ABA Ketandan mulaipindah di gedung baru dengan pengasuh Ibu Isti Nur Indah sebagai kepala sekolah dan Ibu Kamti sebagai guru kelas.


Tahun 1990
Kegiatan belajar mengajar TK diasuh oleh Ibu Isti Nur Indah, Ibu Endang, dan Ibu Kamti sampai tahun 1997. Selanjutnya pada tahun 1998 diasuh oleh Ibu Isti Nur Indah, Ibu Miawati R, dan Ibu Aning. Lalu tahun 1999 pengasuhnya bertambah 2 guru, yaitu Ibu Suyanti dan Ibu Siti Noer Widayati.

Kemudian tahun 2003 pengasuhnya ditambah lagi Ibu Asih Mulyanti. Dan pada tahun 2005 tambah lagi satu guru dan satu penjaga sekolah yaitu Ibu Maryatun sebagai guru dan Bp. Suparno sebagai penjaga sekolah. Sehingga jumlah guru TK ABA Ketandan sampai sekarang ada 4 guru dan 1 penjaga sekolah. Antara lain :
  • Sumarni, Spd. AUD               sebagai Kepala Sekolah
  • Aning Tri Astuti                      sebagai Guru Kelas
  • Siti Noer Widayatie                sebagai Guru Kelas
  • Eka Winingsih, ST.                 sebagai Guru Kelas
  • Bp. Suparno                           sebagai Penjaga Sekolah


Lokasi TK ABA Ketandan berada di Dusun Tempelan RT 05 RW 39. Jalan Melati No. 219, Pedukuhan Jaranan, Banguntapan, Bantul. Berkat tanah wakaf dari Bp. Khabani, Karang Kanjen Yogyakarta.

Gedung sekolah TK ABA Ketandan didirikan dengan bantuan swafaya masyarakat. Pada tanggal 27 Mei 2006 gedung TK ABA Ketandan diguncang bencana alam ‘’Gempa Bumi’’ sehingga gedung TK ABA Ketandan rusak.

Tahun 2006
Kegiatan belajar mengajar pindah di tenda biru yang berlokasi dilapangan SD Muhammadiyah Banguntapan, setelah lapangan itu di bangun untuk mendirikan Sekolah Dasar Muhammadiyah, lalu TK ABA Ketandan pindah lagi di rumah pengurus BP giyanto, sampai sekarang.

Pada saat ini gedung TK ABA Ketandan dalam masa pembangunan. Berkat bantuan dari TPK kecamatan Banguntapan, dari PP Muhammadiyah, dari Aisyiyah Pusat, dari Bp. Bupati Bantul, dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan infak dari slah satu keluarga TK ABA Ketandan.

Insya Allah kegiatan belajar mengajar TK ABA Ketandan pada bulan April 2007 sudah pindah ke gedung sekolah K ABA Ketandan Banguntapan.

Alhamdulillah pada Bulan Oktober 2007 anak-anak  TK ABA Ketandan Banguntapan sudah menempati gedung TK yang telah selesai direhab akibat gempa, sampai sekarang.

Tahun 2012
Alhamdulilah sampai saat ini proses belajar mengajar masih berjalan dengan baik dan pada bulan Oktober ini TK ABA Ketandan sudah memiliki satu ruangan baru, dengan menambah tingkatan gedung guna menambah daya tampung belajar sisa dan juga dapat digunakan sebagai tempat untuk elajaran ekstra seperti Menari, Mengaji, dan Drum Band.

0 komentar:

Posting Komentar